Monday 22 June 2009

Komentar Artikel Suwardjono II

Posting ini merupakan komentar mengenai artikel "What Does Cost Really Mean?" yang ditulis oleh dosen saya, Dr. Suwardjono, M.Sc. Saya sarankan untuk mengunduh artikel aslinya di sini

Selama ini, memang banyak kerancuan mengenai padanan kata cost yang tepat dalam bahasa Indonesia. Di pelajaran yang didapatkan di tingkat SMA, cost diterjemahkan menjadi ‘biaya’. Contoh yang jelas bisa dilihat dari kata ‘Cost Accounting’ yang kemudian diterjemahkan menjadi ‘Akuntansi Biaya’.

Saya sendiri, karena baru mendapatkan pelajaran akuntansi semester 1 kemarin (saya berasal dari jurusan ilmu alam), masih tetap berpikir bahwa cost dalam bahasa Indonesia adalah ‘biaya’. Bila ditanya apa definisi cost, saya akan menjawab bahwa cost adalah ‘pengorbanan yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh ‘sesuatu’’. ‘Sesuatu’ di sini bisa berupa aset, bisa pula berupa pendapatan. Bisa dilihat betapa rancunya pengertian saya mengenai cost. Terlebih lagi, pengertian tersebut sebenarnya lebih tepat sebagai pengertian dari expense, yang merupakan kata bahasa Inggris untuk ‘biaya’ (bukan cost). Pengertian saya mengenai expense dan cost selama ini tercampur baur. Yang saya tahu, cost pasti berupa pengorbanan, padahal belum tentu begitu.

Pengertian yang jelas mengenai cost dan expense, baru saya dapatkan sejak mengikuti kelas ini. Cost merupakan unit pengukur atau bahan olah akuntansi, sementara biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomik untuk memperoleh pendapatan. Biaya merupakan wadah atau elemen, yang diukur dengan cost. Itulah definisi sebenarnya dari cost dan expense. Karena itu, memang sangat keliru apabila expense kemudian diterjemahkan menjadi ‘beban’ dalam bahasa Indonesia, karena istilah ‘biaya’ telah terpakai untuk menerjemahkan cost. Kata expense-lah yang seharusnya diterjemahkan menjadi ‘biaya’ sementara cost sebenarnya tidak memiliki padan kata dalam bahasa Indonesia. Karena itu, kata cost seharusnya memang tetap ditulis sebagai cost atau diserap ke dalam bahasa Indonesia sebagai kos.

Bagi saya, artikel ini amat berguna karena membantu memahami apa sebenarnya arti cost dan membedakannya dari ‘biaya’. Tidak berlebihan bila saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak karena telah menulis artikel ini untuk menjelaskan kesalahpahaman yang telah menjadi sangat umum. Banyak teman-teman saya yang masih salah paham mengenai arti cost dan saya pikir ada baiknya mereka juga membaca artikel ini untuk mendapatkan pemahaman yang benar mengenai cost dan expense.

No comments: